Sabtu, 07 April 2012

belajar PIJAT

Ini bagi yang ingin mempelajari pijat,saya akan membaginya dengan pembaca di grup BUMI NUSANTARA/GAMIRA

Bagaimana menghadapi pusing berlanjut ?

Sebenarnya banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala, karena beberapa sebab seperti angin, panas, lembab, kering, dingin. Kelima faktor penyebab penyakit tersebut disebut Penyebab Penyakit Luar (PPL). Bisa juga karena makanan yang mengandung lemak, panas, dingin sehingga menimbulkan penyebabpenyakit di dalam lambung. Bisa juga karena kelelahan, mendongkol karena macet, situasi dan kondisi yang tidak menentu dalam perjalanan menyebabkan timbulnya penyakit di kepala yang sangat hebat. Untuk sakit kepala yang kronis perlu diperhatikan juga gaya hidup yang lainnya.

Sakit kepala karena penyebab penyakit luar

Penyebab penyakit luar seperti angin, panas, lembab, kering, dingin, yang menyerang saraf-saraf di kepala dan mengikuti perjalanan energi sampai di kepala masuk ke dalam otak dan menetap. Hal tersebut dapat menimbulkan sakit kepala sebelah saja atau sakit seluruh kepala.

Sakit kepala karena makanan yang tidak sehat

Selama dalam perjalanan makan yang tidak sehat dan tidak teratur menyebabkan organ hati, kantung empedu, lambung menjadi panas karena makanan. Asin, pedas, lemak yang berlebihan akan menyebabkan energi ke ginjal menjadi lemah. Dalam ilmu pengobatan Timur akibatnya energi ke kepala menjadi lemah dan tersumbat. Sehingga terjadilah sakit kepala.

Sakit kepala karena kelelahan dan sakit yang lama

Karena sakit yang lama, perjalanan jauh menjadi kelelahan dan badan menjadi lemah, sehingga enerhi limpa berkurang dan tidak mampu naik ke kepala, akibatnya suplai makanan ke kepala menjadi kurang, menyebabkan terjadinya sakit kepala.

Gejala Penyakit

Penyebab penyakit luar, Dingin

Suhu badan tinggi, tak berkeringat dan takut dingin, sakit kepala, pegal ngilu karena pengerutan otot oleh angin dingin
Bila diraba denyut nadi yang terletak di atas jempol dekat dengan pergelangan tangan, denyut nadi terasa cepat, 5/6 kali ketukan dalam 1 kali gerakan tarik dan buang nafas.
Sakit kepala, takut angin, hidung tersumbat, bersin-bersin, pegal linu, batuk dan kadang-kadang badan hangat
Bila diraba denyut nadi yang terletak di atas jempol dekat dengan pergelangan tangan, denyutnya tidak terlalu jelas
Sakit kepala, suhu badan tinggi, berkeringat, haus dan gelisa
Bila diraba denyut nadi yang terletak di atas jempol dekat dengan pergelangan tangan, denyut nadi besar dan tidak bertenaga.

Pengobatan

A.Sakit seluruh kepala

1.Di puncak kepala

2.1/3 bagian telapak kaki



B.Sakit Di bagian Dahi

1.1 ibu jari diatas batas rambut di dahi.

2.di tengah-tengah antara 2 alis mata bagian dalam.

3.di antara ibu jari dan telunjuk bagian luar



C.Kepala Belakang

1.kepala bagian belakang 1,5 cun dibawah Pai Hui (XIV 20)

2.tepat dibawah mata kaki bagian luar.



D.Sakit Kepala Samping Kiri Kanan

1.pada susut alis mata bagian dalam kiri dan kanan.

2.ujung alis mata bagian luar kiri dan kanan

3.pada lekukan (pergelangan kaki) berurutan dengan jari kaki ke II.



E.Sakit Kepala Sebelah

1.setengah jari jempol dari batas rambut isudut dahi kiri dan kanan

2.4 jari tangan di atas pergelangan tangan segaris dengan jari manis.

3.pada batas rambut didepan daun telinga bagian atas

Titik-Titik Dipijat Sekitar 30-40 Kali Putaran



F.Untuk mengusir angin

1.dipuncak kepala

2.1 jari selebar jempol di tengah-tengah atas batas rambut belakang

3.3 jari tangan diatas pergelangan tangan bagian luar segaris jari manis.





GAMBAR 1

Dengan pemijatan yang mudah dan murah ini, dapat menjadi bekal perjalanan Anda sekeluarga. Jangan lupa untuk melakukan pemijatan setiap hari sebanyak 25 kali.



Bagaimana cara menyembuhkan jantung koroner dan apa obatnya?













GAMBAR 2



lakukanlah pemijatan pada titik-titik yang tertera pada gambar . lakukanlah pemijatan secara teratur setiap hari sebanyak 25-30 kali.



Bagaimana mengurangi nyeri pada telinga?

Tuli dan tinitus (denging) keduanya merupakan gangguan pendengaran. Tinitus ditandai oleh bunyi berdenging di telinga yang dirasakan oleh pasien dan tuli adalah kegagalan atau kehilangan pendengaran. Karena terdapat kesamaan dalam etiologi dan pengobatan, maka keduanya dibicarakan bersama.

Etiologi dan Patogenesis

Tuli dan tinitus dapat dibedakan menjadi 2 jenis : depresi dan ekses. Jenis ekses disebabkan oleh kemarahan atau kekuatan dengan serangan ke atas dari api angin hati dan kandung empedu yang menyumbat sirkulasi Chi pada meridian Saoyang atau menyebabkan serangan angin patogen yang menutup lubang. Jenis defisiensi disebabkan oleh defisiensi Chi ginjal dan kegagalan esensial untuk naik ke telinga.

Penggobatannya

a. Jenis ekses

Gejala utama : tuli mendadak, rasa penuh dan bunyi denging menetap di telinga yang tidak dapat dihilangkan dengan tekanan. Dalam kasus penyimpangan ke atas dari api angin petogen hari dan kandung empedu, terdapat muka kemerahan, mulut kering, mudah marah, dan watak panas, nadi kuat tegang seperti kawat. Dalam kasus serangan angin patogen eksogen, terdapat nyeri kepala dan nadi mengambang.

Analisa :

Api patogen dari hari dan kandung empedu yang berkobar ke atas sepanjang meridian berkaitan mengakibatkan tuli, tinitus, nyeri kepala, muka kemerahan, rasa pahit di mulut dan tenggorokan kering. Hiperfungsi dari hati mengakibatkan mudah marah dan watak panas karena panas patogen mengganggu mental. Nadi kuat dan tegang seperti kawat menunjukkan keadaan ekses dari hati dan kandung empedu. Apabila angin patogen menyerang tubuh bagian luar dan menyumbat lubang timbul tuli, tinitus dan nyeri kepala. Nadi mengambang merupakan tanda serangan angin patogen eksogen.

b. Jenis defisiensi

Gejala utama : tuli berkepanjangan, tinitus sewaktu-waktu yang ditimbulkan oleh ketegangan dan menghilang dengan penekanan, pusing, nyeri pinggang bawah, emisi seminal, lekorea berlebihan, nadi lemah seperti benang.

Analisa :

Hipofungsi ginjal menyebabkan esensial gagal untuk naik dan mengisi lubang, sehingga terjadi tuli, tinitus dan pusing. Pinggang merupakan tempat ginjal, maka hipofungsi ginjal menyebabkan nyeri pinnggang bawah. Defisiensi ginjal dengan berkurangnya fungsi menahan atau defisiensi dengan berkobarnya api asthenik yang merangsang organ seminal menyebabkan emisi. Karena ginjal kehilangan fungsi menahan,terdapat keputihan (lekorea) berlebihan. Nadi lemah seperti benang merupakan tanda keadaan desiensi.



GAMBAR 3

Terapi pemijatannya

Lekukan belakang telinga tempat pertemuan telinga dengan rahang

di depan telinga

Pertemuan jari kelingking kaki dan jari manis kaki

4 Jari di bawah jari kelingking



Serangan angin patogen eksogen

3 jari di bawah pergelangan tangan

di telapak tangan atas antara ibu jari dan jari telunjuk



lakukanlah pemijatan pada titik-titik tersebut setiap hari sebanyak 25-30 kali.

Bagaimana cara mengurangi lebam biru kehitaman….

Sudah banyak orang yang mengenal dan merasakan manfaat Feng Shui untuk mendesain rumah yang dapat meningkatkan aspek positif di dalam kehidupan kita. Tetapi tidak banyak yang mengetahui bahwa prinsip keseimbangan dalam Feng Shui dapat diterapkan di dalam tubuh manusia untuk memetakan hubungan antara karakter batin dan penampilan fisik kita. Dengan menggunakan prinsip Feng Shui seorang pakar kesehatan mempraktekkan bagaimana teknik-teknik penyeimbangan dan regenerasi energi dimanfaatkan untuk mengembangkan kecantikan fisik maupun spiritual. Dengan latihan-latihan pemijatan dan meditasi yang teratur dapat memulihakan harmoni bagian-bagian tubuh yang telah mengalami ketidakseimbangan energi. Teknik terapi kecantikan dari Tiongkok yang sudah dipakai sejak 3000 tahun bertujuan untuk keseimbangan energi dalam tubuh. Guna mencegah timbulnya kerutan di sekitar mata dapat dilakukan teknik pijatan atau senam mata secara mudah untuk anda yang mempunyai masalah. Senam mata dilakukan dengan posisi berdiri, berbaring, dan dapat bisa dilakukan oleh siapa saja dalam posisi rileks. Manfaatnya antara lain :

Mengurangi dan menghilangkan penyakit mata.
Mengurangi dan menghilangkan kantong mata dan bengkak di bawah mata.
Mengurangi keriput / warna kehitaman di sekitar mata
Memperkuat otot mata dan mengatasi gangguan mata





Latihan 1 (GAMBAR A)

Gosokkan kedua telapak tangan sampai terasa hangat. Tutupi mata kiri anda dengan tangan kiri. Dengan mata kanan anda, pandanglah ke atas dan ke bawah enam kali berurutan, gerakkan mata anda secepat mungkin. Kemudian gerakkan mata kanan anda dari kiri ke kanan enam kali secara bergantian, sekali lagi gerakkan secepat mungkin. Lalu cobalah 12 kali untuk menggerakkan mata secara diagonal (dari kanan atas ke kiri bawah). Akhirnya putarlah mata anda 6 kali (pertama dari kanan ke kiri, kemudian dari kiri ke kanan). Sekali lagi gosokkan kedua telapak tangan sampai terasa hangat. Kemudian tutupi mata kanan anda dengan tangan kanan dan ulangi latihan ini secara berurutan kembali.

Latihan 2 (GAMBAR B)

Untuk penekanan titik-titik akupressure disarankan jangan menggosok titik-titik disekitar mata atau pelipis dengan tangan ke arah yang berlawanan. Gunakan pelumas alamiah untuk mempermudah pemijatan misalnya minyak kelapa. Latihan dengan menggunakan jari tengah, tekan titik-titik akupresur seperti yang ditunjukkan dalam gambar. Hembuskan nafas sepenuhnya ketika melakukannya. Lepaskan dengan cepat jari-jari anda dari titik-titik akupresur dan bernafaslah sedalam mungkin. Ulangi latihan ini sebanyak mungkin.

Kemudian dengan menggunakan metode yang sama, tekan titik-titik akupresur seperti yang ditunjukkan dalam gambar.

Ulangi latihan ini sekali lagi pada titik-titik akupresur sebanyak 10 sampai dengan 15 kali setiap kali pijatan. Kemudian gosokkan kedua telapak tangan sampai terasa hangat dan kemudian letakkan pada kedua mata anda selama 30 detik.

Lakukan senam mata dan terapi pijatan ini 2 kali setiap hari secara rutin. Untuk menghindari iritasi setelah dipijat, sebaiknya ditetesi dengan obat mata yang baik. Demikian saran kami semoga bermanfaat.

Penyembuhan Wasir/Ambeien

Wasir atau ambeien adalah suatu penyakit yang terjadi di lubang dubur, apabila buang air besar anusnya terdorong keluar tak dapat masuk kembali, atau harus dimasukkan kembali. Juga tergolong di dalamnya penyakit yang mengganggu anus.

Wasir mungkin disebabkan sering sembelit / sesuatu yang menyebabkan bendungan pada pembuluh darah balik di daerah anus

Wasir terjadi karena beberapa sebab :

1. Penyebab Penyakit Luar (PPL), seperti angin, lembab, panas, dan kering, yang menggumpal dalam anus.



2. Penyebab Penyakit Golongan III (PPG ke III).

a. Duduk terlalu lama, berjalan terlalu jauh, menanggung beban yang berat, atau mengangkat barang yang berat.

b. Minuman beralkohol, makanan yang pedas.

c. Kegiatan seks yang berlebihan.

d. Susah buang air besar yang sudah berjalan lama.



3. Penyebab Penyakit Dalam (PPD)

Emosi yang tidak terkendali.

Gejala



1. Pada daerah anus tumbuh benjolan daging kecil, lama-lama menjadi besar.

2. Gatal-gatal sekitar anus.

3. Pendarahan setelah buang air besar dengan darah segar terpisah dari tinja.

4. Pedih dan nyeri setelah buang air besar.

5. Nyeri waktu buang air besar / duduk.

6. Kadang-kadang berdarah (darah segar).

7. Kadang-kadang juga terlihat anus yang menonjol ke luar.

Letak kelainan:



a. Jenis dalam, letak kelainan pada anus bagian dalam.

b. Jenis luar, letak kelainan pada anus bagian luar.

c. Jenis campuran, letak kelainan pada anus bagian luar dan dalam.

Titik pemijatannya:



1. Melancarkan energi vital dan darah daerah anus.

di bawah tulang ekor (boleh dimoxa).



2. Mengobati kelainan daerah anus, diperlemah.

ditengah-tengah betis.

5 jari diatas pergelangan tangan bagian dalam segaris dengan jari tengah.



3. Bila terdapat bengkak dan nyeri, melancarkan meridian kandung kemih.

di ujung alis mata bagian dalam.

5 jari kiri kanan dari satu titik 1 cun diatas tulang ekor.



4. Bila terdapat pendarahan.

7 jari dari garis pergelangan tangan bagian dalam segaris dengan ibu jari.



7. Bila terjadi penurunan anus

6 jari)dari batas rambut depan pada tengah-tengah kepala.









Kejang Otot Betis/Kram Pada Kaki

Kejang betis biasanya terjadi karena gerakan yang tiba-tiba atau mendadak, misalnya akan lari atau berdiri dari posisi jongkok atau duduk dan dapat terjadi juga bila terlalu lelah tapi di paksakan pada kegiatan di mana kaki selalu digunakan, misalnya lari, bersepeda, mengemudi mobil atau karena kedinginan misalnya waktu berenang, ini semua dimungkinkan bila zat kalsium kurang di dalam tubuh.

Sedangkan terkilir ialah suatu keadaan dimana terjadi kekakuan pada otot-otot bagian tubuh tertentu dan juga diikuti oleh rasa nyeri. Hal ini terjadi akibat penyumbatan chi atau darah pada persendian, yang sering terjadi pada waktu olahraga, atau dapat juga akibat terjatuh, tersandung maupun terpukul dan terkena benturan keras. Penderita merasa kesakitan pada tempat tersebut, bengkak yang berwarna merah, terasa nyeri sehingga susah berjalan. Berikut kami berikan titik-titik pemijatan untuk mengatasi kaki cramp dan terkilir:

letaknya ditengah-tengah lipat lutut bagian belakang.

letaknya ditengah-tengah betis.

4 jari diatas mata kaki bagian dalam.

1 ibu jari tangan dibelakang mata kaki bagian luar.

letaknya 1 cun (1 ibu jari tangan) depan mata kaki bagian luar.

letaknya di tempurung kaki.

pada lekukan antara jari kaki ke 2 dan 3.

letaknya diatas titik Ciu Si.

4 jari dari pergelangan tangan luar bagian tengah.

Semua titik-titik ini dipijat sebanyak 30 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalan Komentar!...